101 Materi Kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) Lengkap – Materi 1

1:11 AM


Mari kita " Kupas Tuntas APSI " dengan membaca Materi Kuliah APSI – 1 : PerlunyaAnalisa dan Design Sistem Informasi


Apa itu SI (Sistem Informasi) dan TI (teknologi Informasi)?

Definisi Sistem :

  • Sistem ialah interaksi  dari elemen-elemen yang saling berkaitan bekerja sama untuk mencapai tujuan
  • Elemen-elemen tersebut ialah elemen sistem konvensional (data, manusia dan prosedur) dan elemeen sistem modern (data, manusia, prosedur hardware dan software)
101 Materi apsi lengkap - ilustrasi sistem
Ilustrasi Sistem


Definisi Sistem Informasi :
  • Menurut Whitten, et al (2007), Sistem Informasi adalah sekumpulan orang, data, proses, dan IT yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan output atas informasi yang diperlukan, dan menyediakan output atas informasi yang diperlukan untuk mendukung suatu organisasi.
  • Menurut Abdulrohim (2012), sistem informasi adalah interaksi antara data, manusia dan prosedur yang didukung oleh hardware dan software) untuk memberikan suatu penyelesaian berupa informasi yang dapat dipakai untuk mengambil suatu tindakan keputusan selanjutnya baik untuk jangka pendek, menengah atau panjang dalam sebuah organisasi.
  • Dengan kata lain, sistem informasi juga adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mengelola informasi pada suatu organisasi untuk mendukung kegiatan bisnis organisasi.

Definis Teknologi Informasi :
Teknologi Informasi (TI) merupakan istilah kontemporer yang menggambarkan kombinasi teknologi komputer (perangat keras dan perangkat lunak) dengan teknologi telekomunikasi (data, gambar, dan jaringan suara). 


Kenapa perlu dilakukan pengembangan sistem informasi?
Perlunya pengembangan sistem informasi :
- Ada permasalahan pada sistem yang lama.
- Untuk Meraih kesempatan (opportuities)
- Adanya instruksi-instruksi (directives).
 

Dalam Analisis dan perancangan sistem informasi, suatu sistem dikembangan dua kondisi :

1. Sistem memang belum ada
Semakin kompleksnya kegiatan organisasi, serta semakin berkembangnya teknologi dan persaingan global, maka kesempatan yang dpat timbul perlu dimanfaatkan dengan cara mengembangkan sistem yang belum ada untuk membantu, menunjang, memudahkan serta meningkatkan penyediaan informasi agar dapat mendukung proses pengambilang keputusan.

2. Sistem sudah rusak atau tidak layak lagi untuk diperbaiki atau ditingkatkan
Sistem lama yang tidak beroperasi sesuai dengan yang diharapkan dapat menghambat proses yang ada di dalam sistem suatu organisasi. Kesalahan-kesalahan yang timbul perlu diperbaiki agar kinerja sistem dapat meningkatkan efisiensi proses dan memberikan keuntungan bagi organisasi.

Tujuan Akhir Pengembangan Sistem Informasi:
- Performance (kinerja)
- Information (informasi)
- Economy (ekonomis)
- Control (pengendalian)
- Efficiency (efisiensi)
- Service (pelayanan)
 
Mari kita " Kupas Tuntas APSI " dengan membaca materi selanjutnya 101 Materi Kuliah Analisis dan PerancanganSistem Informasi (APSI) Lengkap - Materi 2

Untuk mendapatkan 101 Materi Kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) Lengkap lainnya silahkan klik disini





Referensi:

L. Whitten, Jeffrey, & D. Bentley, Lonnie. 2007. System Analysis & Design Methods Sevents Edition. New York, USA : McGraw-Hill.

You Might Also Like

0 comments