101 Materi Kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) Lengkap – Materi 2

10:23 AM

Pada materi sebelumnya kita telah membahas materi mengenai Perlunya Analisa dan Design Sistem Informasi.  Selanjutnya, Mari kita " Kupas Tuntas APSI " dengan membaca Materi Kuliah APSI – 2 : Pengembangan Sistem Informasi.




Pengembangan Sistem Infromasi ialah satu set aktivitas, metode, praktik terbaik, siap dikirimkan , dan peralatan terotomasi yang digunakan oleh stakeholder untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi dan perangkat lunak. Pengembangan sistem dilakukan apabila sistem yang lama sudah tidak bisa mengimbangi/memadai kebutuhan atau pun perkembangan perusahaan sehingga terdapat beberapa pendapat tentang definiis pengembangan sistem, antara lain :
  • Menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
  • Suatu proses pengaplikasian teknologi informasi untuk suatu tujuan tertentu atau menyelesaikan suatu masalah.
  • Memilah suatu masalah yang besar dan kompleks menjadi beberapa bagian kecil yang dapat dikelola.
Dalam mengembangkan sebuah sistem ada empat tahap yang  harus dilakukan, yaitu :
  1.  Inisialisasi
  2. Analisi 
  3. Desain
  4. Implementasi 
Ingat! Fokus pekerjaan dari pengembangan sistem ada pada bagian Produk dan Proses. Pengembangan sistem informasi dilakukan bersama Tim Pengembang Sistem Informasi, yang terdiri dari :
  • Project Leader
  • System Analyst
  • System Designer
  • Programmer
  • Software Quality Assurance (SQA) 

Pendekatan Pengembangan Sistem Infromasi

Pedendekatan Klasik 
Pendekatan di dalam pengembangan sistem mengikuti tahapan daur/siklus hidup sistem tanpa dibekali alat-alat dan teknik-teknik yang memadai. Permasalahan yang akan timbul antara lain pengembangan software akan sulit, biaya perawatan dan peeliharaan mahal, kemungkinan kesalahan sistem besar dan keberhasilan sistem kurang terjamin.
Pendekatan terstruktur 
Pendekatan di dalam pengembangan sistem mengikuti tahapan daur/siklus hidup sistem dan dibekali alat-alat dan teknik-teknik yang memadai. 
Pendekatan Pengembangan Sistem Informasi berdasarkan sasaran yang ingin dicapai :
Pendekatan sepotong
Pendekatan di dalam pengembangan sistem yang menekankan pada suatu kegiatan atau aplikasi tertentu saja. dilihat hanya pada sasaran aplikasi saja.
Pendekatan Sistem
Pendekatan ini memperhatikan sistem informasi sebagai satu kesatuan yang terintegrasi untuk masing-masing kegiatan atau aplikasinya.
Pendekatan Pengembangan Sistem Informasi berdasarkan cara menentukan kebutuhan dari sistem :
Pendekatan bottom-up
Dalam pendekatan ini dilakukan perumusan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuhan informasi berdasarkan pada transaksinya
Pendekatan top-down
Pendekatan ini mulai mendefinisikan sasaran dan kebijaksanaan organisasi.
Pendekatan Pengembangan Sistem Informasi berdasarkan cara mengembangkannya :
Pendekatan sistem-menyeluruh
Pendekatan yang mengembangkan sistem secara serentak dan menyeluruh.
Pendekatan Moduler
Pendekatan yang memecah sistem yang rumit menjadi beberapa bagian atau modul yang lebih sederhana.
Pendekatan Pengembangan Sistem Informasi berdasarkan teknologi  yang digunakan :
Pendekatan great loop approach
Pendekatan ini menerapkan perubahan secara menyeluruh dengan serentak menggunakan teknologi canggih.
Pendekatan evoutionary approach
Pendekatan yang menggunakan teknologi canggih hanya untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan saja pada saat itu dan akan terus berkembang dengan mengikuti kebutuhan.

 

Metodologi Pengembangan Sistem  

Metodologi adalah kesatuan metode-metode, prosedur-prosedur, konsep pekerjaan aturan yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan, seni dan disiplin ilmu lainnya. Sedangkan, Metode adalah aturan, cara, teknik yang sistematik untuk mengerjakan sesuatu. Maka, Metodologi pengembangan sistem informasi dapat diartikan sebagai metode-metode, prosedur-prosedur yang digunakan ntuk melakukan pengembangan sistem informasi.  Dalam mengembangkan sistem, terdapat macam-macam representasi metodologi pengembangan sistem, yaitu :
  • Architect Rapid
  • Application Development (Architected RAD )
  • Dynamic System Development Methodology (DSDM)
  • Joint Application Development (JAD)
  • Information Engineering (IE)
  • Rapid APplication Development (RAD)
  • Rational Unified Process (RUP)
  • Structured Analysis and Design (SAD)
  • eXtreme Programming (XP)

Tahapan pengembangan sistem informasi sering kali disebut juga sebagai System Development Life Cycle (SDLC).  SDLC merupakan siklus pengembangan sistem. Pengembangan sistem teknik (engineering system development). SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan  utama dan langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam empat kegiatan utama, yaitu initiation, analysis, design, dan implementation.
Setiap kegiatan dalam  SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan  (purpose) dan hasil kegiatan (deliverable). SDLC didefinisikan oleh Departemen Kehakiman AS sebagai sebuah proses pengembangan software yang digunakan oleh analyst system, untuk mengembangkan sebuah sistem informasi. SDLC mencakup kebutuhan (requiretment), validasi, pelatihan, kepemilikan sebuah sistem informasi yang diperoleh melalui investigasi, analisis, desain, inplementasi, dan perawatan software. 
Software yang dikembangkan berdasarkan SDLC akan menghasilkan sistem dengan kualitas yang tinggi, memenuhi harapan penggunanya, tepat dalam waktu dan biaya, bekerja dengan efektif dan efisien dalam infrastruktur teknologi informasi yag ada atau yang direncanakan, serta murah dalam perawatan dan pengembangan lebih lanjut.



Referensi:

Abdulrohim, Uro. 2012. Bahan Kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Infromasi. Bandung.



Untuk mendapatkan 101 Materi Kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) Lengkap lainnya silahkan klik disini

You Might Also Like

0 comments