IPS : Lembar Kegiatan Siswa kelas IX (Sejarah)

3:18 PM


LEMBAR KEGIATAN SISWA
STANDAR KOMPETENSI     : (  1  )  Memahami usaha mempertahankan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR          : ( 2.1)  Mengidentifikasikan usaha perjuangan mempertahakan kemerdekaan Indonesia.
INDIKATOR                            : (2.1.6) Kronologis berbagai peristiwa penting baik di tingkat pusat maupun daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
PETUNJUK PENGERJAAN :
1.      Bacalah dan pelajari beberapa buku sumber sebagai reperensi yang berkenaan dengan materi.
2.      Isilah pertanyaan bersama teman sekolompokmu dengan cara berdiskusi.

SOAL :
I.     Lengkapilah kalimat dibawah ini !
Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia terjadi aktifitas perjuangan Indonesia seperti : Peristiwa ........................(1), yang membumi hanguskan Kota.................. (2)yang dilakukan oleh TRI, pada tanggal ....................(3). Pada tanggal................ (4) pasukan Inggris yang tergabung dalam .....................(5) memasuki Kota Bandung. Saat itu para pemuda Bandung tengah sibuk melaksanakan pemindahan .................(6) dan merebut senjata dari tangan...............(7). Pada tanggal..............(8), pasukan.................(9) memberi................(10) agar kota Bandung bagian  utara dikosongkan oleh pihak Indonesia paling lambat tanggal.....................(11) dengan alasan untuk......................(12) kota Bandung. Karena tidak dihiraukan, sekutu mengeluarkan Ultimatum II pada tanggal................(13), sebelum meninggalkan kota Bandung para pejuang membumi hanguskan kota Bandung pada tanggal..................  (14) hingga menjadi seperti lautan api.
Selanjutnya, Pada tanggal 2 Maret 1946 dan................. (15) Belanda mendaratkan pasukannya di Bali dengan tujuan ingin mendirikan NIT yaitu...................(16). Hal ini ditolak oleh Komandan Resiman Nusa Tenggara yang bernama Letnan Kolonel.....................(17) yang berusaha menggagalkan pembentukan........ (18) dengan menyerbu ke tangsi............... (19) di.............. (20) pada tanggal ...................(21). Pada tanggal................... (22) terjadi pertempuran hebat di.................. (23), sebelah utara Tabanan. Karena kalah dalam persenjataan, Beliau Gugur di tempat tersebut bersama pasukannya. Peristiwa ini  dikenal dengan nama.....................(24). Puputan, dalam bahasa bali, berarti.........................(25), sedangkan Margarana berarti “..........................” (26).
Perjuangan rakyat Indonesia tidak sampai disitu saja, pada bulan Desember 1946 Belanda mengirimkan pasukan ke........................(27) di bawah pimpinan......................(28). Tujuan Belanda ke Makassar adalah ingin memecah belah rakyat. Ada tiga pemuda yang melakukan perlawanan kepada Belanda seperti A.Rivai,......................(29), dan Robert Wolter Monginsidi. Tokoh-tokoh.............................(30) diantarany adalah........................ (31), Makkaraeng Daeng Djarung, dan Robert Wolter Monginsidi sebagai.............................. (32).Sejak tanggal.............. (33) pasukan Westerling membunuh ribuan orang yang tidak berdosa. Pada tanggal........................(34) Belanda menyatakan Sulawesi dalam keadaan perang dan hukum..............(35).
Belanda tidak henti-hentinya menjajah Indonesia, Pada bulan Desember 1948 Ibukota RI yaitu......................(36) jatuh ke tangan Belanda di bawah pimpinan Kolenel..................(37). Belanda menyatakan RI telah Runtuh, namun dugaan Belanda salah. Pada saat itu Indonesia membentuk................................(38) di..................(39), Sumatra Barat. Kemudian, Pada tanggal.......................(40) terjadi......................(41) dari TNI yang dipimpin oleh....................(42). Wilayah sektor penyerangan terbagi dalam lima sector, yaitu : sektor Barat dipimpin oleh Letkol. ...................(43), Sektor selatan dan...............(44) dipimpin oleh Mayor................(45), sektor utara dipimpin oleh Mayor Kusno, dan sektor kota dipimpin oleh Letnan.....................(46) dan Letnan Masduki .Karena keberhasilan pejuang Indonesia melakukan serangan ini, Peristiwa ini dilaporkan oleh ...................(47) ke PDRI di Bukit tinggi melalui................(48)  dan kemudian di sampaikan kepada diplomat RI di New Delhi yang bernama.......................(49) ,  dan diplomat RI di New Yorks, AS yang bernama................(50) . Pada akhirnya berita ini pun tersebar luas ke luar negeri.
Itulah peristiwa-peristiwa penting pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selamat Mengerjakan Teman!
-Ike Devanti-





*NB: Untuk Pembahasannya silahkan Download disini



You Might Also Like

4 comments